Header Ads

Serentetan Fasilitas Murah di Bali

Seorang backpacker sebenarnya tidak membutuhkan fasilitas yang mewah, hanya diperlukan fasilitas yang cukup untuk beristirahat. Misalnya untuk penginapan, Bila gaya perjalanan anda sebagai backpacker/budger traveller, maka penginapan ini sangatlah cocok. Selain memang tujuannya menekan biaya perjalanan serendah-rendahnya juga ada pertimbangan kenapa harus tinggal di hotel mewah nan mahal karena sebagian besar waktu kita ada di luar hotel (jalan-jalan). Tempat terkenal dimana komunitas backpacker sering menginap adalah di Jalan Poppies Lane I dan II, banyak sekali penginapan murah dengan tarif 40-175 ribu per malam.

Poppies Lane terbagi 2 jalan, Poppies Lane I & II, kedua jalan ini menghubungkan Jalan Pantai Kuta dan Legian yang satu arah. Di 2 jalan ini dapat ditemukan banyak sekali penginapan bungalow/losmen yang murah dan terjangkau untuk budget traveller. Juga toko-toko yang menjual baju dan souvenir khas Bali. Penginapan diatas biasanya mempunyai fasilitas 2 tempat tidur, kamar mandi di dalam, kipas angin/ AC dan Light breakfast di pagi hari. Lama penginapan dapat harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mingguan dan bulanan dapat meminta diskon kepada petugas penginapan, discount bisa sampai 20 % untuk 1 bulan. Selain itu di poppies lane ini banyak sekali bule-bule berseliweran (Kebanyakan turis asal Australia).

Bila anda berlibur berdua sepeda motor adalah pilihan yang tepat untuk menghemat biaya perjalanan anda.Terdapat penyewaan motor di sepanjang Jalan Legian pas di Monumen Bom Bali I, ke hilir ke Arah Seminyak atau ke hulu ke arah Kartika Plaza, Jalan Raya Kuta, Sampai Jln Pantai Kuta. Sepanjang jalan ini banyak sekali motor yang diparkir untuk disewakan. Harga berkisar antara 25-30 rb untuk motor supra Fit dan 30-40 ribu untuk motor Vario, Mio dan Kymco dan 60 ribu untuk Tiger. Waktu sewa adalah 1 hari contohnya jika anda menyewa motor jam 12 siang maka harus dikembalikan jam 12 siang besoknya, tetapi kalau kita sewa 2-3 hari bisa lebih murah.

Penyewa hanya meninggalkan KTP sebagai agunan rental. Kita akan dikasih 1 lembar kwitansi bukti pembayaran dan 1 kartu pengganti STNK, Polda Bali mengeluarkan kartu khusus pengganti STNK asli untuk motor sewaan. Bila perjalanan anda tidak terlalu jauh hanya sekitar Kuta,Jimbaran, Sanur bisa pakai motor Matic tetapi bila tujuan kita ke Kintamani, Ubud, Sange, Singaraja Orang Jepang di Iklan Master Card aja sewa motor untuk jalan-jalan di Bali. Tapi bila anda berlibur 3-4 orang saya sarankan untuk sewa mobil saja, dengan tarif 100-150rb (Katana/jimny) & 350 rb untuk kijang/Taruna/Panther.

Bila anda membutuhkan sopir bisa tambah Rp. 100-150 ribu jadi anda tidak perlu report karena sopir ini juga bisa sebagai guide. Biasanya kita ditawarkan untuk membayar asuransi 80 ribu tetapi ini tidak jadi keharusan. Tarif di atas fixed dan tidak jauh berbeda dari rental satu ke rental lain. Tapi tidak salah bila harus tanya dulu ke 2-3 rental sebagai bahan perbandingan. Rental mobil dapat ditemukan di konter-konter parawisata di sepanjang jalan legian, pantai kuta dan poppies lane.

Tetapi bila anda tidak mau repot menyewa mobil+driver saya sarankan ikut tur 1 hari Daily Tour saja ke tempat-tempat menarik di Bali dengan tarif antara 200-500 rb/orang dengan minimal 3 tempat/hari + lunch & snack. Informasi tur harian ini dapat didapat di counter Tourist Information yang banyak terdapat di Jl. Poppies Lane II, Jl Legian & Jl. Pantai Kuta. Untuk semua informasi Tur & Rental mobil juga dapat ditanyakan di hotel dimana anda menginap.

Untuk makanan, Di Jl Poppies Lane, Pantai Kuta, & Legian banyak sekali restoran tetapi kebanyakan menawarkan menu barat (Burger, Spagheti, grill dsb) tapi ada juga restorant yang menawarkan menu Indonesia seperti di Restoran Indonesia dan Restoran Padang di Jalan Ronta. Mc Donnald ada 3 yaitu di Jalan Legian, Kuta Square samping Matahari, dan Jalan Pantai Kuta pas menghadap ke Pantai Kuta tempat yang pas buat nongkrong. KFC ada 2 yaitu pertama di Kuta Square di pertemuan Jalan Kartika Plaza & Jalan Pantai Kuta dan di Mall Centro di Kartika Plaza. Untuk anda yang merindukan makanan Indonesia dapat ditemukan di Jalan Raya Tuban. dari Legian balik ke Kartika Plaza menuju ke Airport Ngurah Ray ( melewati Joger). Di sini ada soto betawi, soto jawa, masakan chiness, yang terkenal adalah Ibu Tinuk (Sop buntut jawa timuran) [DKY/RNY]

No comments

Powered by Blogger.