Header Ads

Warnai Bandung dengan Fixie-mu!

Paduan warna menarik mata yang sudah sangat banyak melintas di jalanan kota Bandung, tidak lupa dengan penampakannya yang ramping. Itulah salah satu jenis sepeda yang sangat marak di kalangan anak muda di Bandung akhir-akhir ini, fixed gear, atau seringkali juga disebut dengan fixie. Fixie menjadi sebuah tren yang populer ke kalangan anak muda. Cara mengendarai yang berbeda dengan jenis sepeda pada umumnya menjadikan tantangan baru bagi mereka yang berjiwa bebas. Apa sebenarnya fixed gear ini?


Fixed gear adalah sebuah jenis sepeda dengan sistem gear roda belakang mati, sehingga sistem ini sering disebut roda gila, karena pedal sepeda akan mengikuti kemana roda berputar, baik itu maju atau pun mundur. Dan satu keunikan yang dimiliki fixed gear adalah sama sekali tidak ada rem, sehingga cara untuk memberhentikan sepeda ini adalah memundurkan pedal sekuat-kuatnya, karena salah satu kelemahan sistem ini adalah susah dihentikan karena bila pedal akan berputar sama dengan kencangnya sepeda melaju. Namun, kini sepeda fixie bisa dimodifikasi dengan menggunakan torpedo, maka pedal tidak ikut berputar ketika ban berputar, dan roda akan terkunci saat gowesan mundur, sehingga mengendalikan sepeda ini terasa lebih mudah.

Fenomena tren sepeda fixie di kalangan anak muda didukung oleh harganya yang relatif terjangkau. Yang lebih menariknya lagi, sepeda ini bisa dirakit sesuai keinginan. Warna-warni velg serta ban dan frame yang menarik mata pula. Dengan harga sekitar Rp.1.500.000 – Rp.2.000.000 kamu bisa mendapatkan fixie sesuai keinginanmu. Selain itu, komunitas pengguna fixie pun sudah mulai tersebar di Bandung. Sepeda-sepeda warna-warni ini pun mulai banyak terlihat dimana-mana, khususnya di area yang dekat dengan sekolah atau universitas, yang nota bene milik kaum muda Kota Kembang. Bandung termasuk ke dalam kota dengan perakit sepeda fixie dalam jumlah cukup banyak. Untuk menghemat biaya perawatannya, biasanya anak-anak muda kreatif ini punya trik khusus mengakalinya. Lebih Salah satunya adalah mencari sparepart bekas ke seputaran daerah Astana Anyar, dimana bagian-bagian dasar dari sepeda ini dijual dengan sangat murah.

Dengan mulai berfungsinya jalur khusus bagi pengguna sepeda yang dipisahkan dengan pembedaan warna di pinggiran jalan raya (jalur sepeda diberi warna biru terang), para pengendara sepeda di Bandung, khususnya sepeda fixie, akan menjadi lebih aman dan nyaman meluncur di jalanan. Selain mendukung gerakan anti-polusi di Bandung raya ini, rasakan sensasi tantangan baru dengan sepeda fixed gear yang super istimewa ini. Jadi, tunggu apa lagi? Rakit dan penuhi kota dengan warna-warni fixiemu! (CS)
(HI)

No comments

Powered by Blogger.