Header Ads

Nasional Jawa Timur Terdakwa Korupsi Dilantik Jadi Walikota


  1. VIVAnews - Walikota Tomohon, Sulawesi Utara, Jefferson Rumajar, ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Jefferson diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi penggunaan dana APBD 2006-2008.

    "KPK menetapkan tersangka kepada JSMR. Yang bersangkutan adalah Walikota Tomohon," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 14 Juli 2010.

    Angle SBY :

Terkait dari berita tersebut, Lima gubernur yang saat ini menjadi tersangka adalah Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin (Kejaksaan Agung), Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk Ishak (Kejaksaan Agung), Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin (KPK), Gubernur Bengkulu Agusrin Maryono Najamudin (Kejaksaan Agung), dan mantan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ismet Abdullah.

Untuk mendukung upaya pemberantasan korupsi, SBY sudah mengeluarkan beberapa undang-undang antara lain soal Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, Ombudsman, Komisi Informasi Pusat, Pelayanan Publik, dan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.


Alasan Mendagri Lantik Terdakwa Jadi Walikota

"Mekanismenya dilantik dulu. Biar kalau dia nonaktif, bisa diisi oleh wakilnya."

VIVAnews - Pagi tadi, Kementerian Dalam Negeri melantik Jefferson Soleiman Montesqieu Rumajar sebagai Walikota Tomohon, Sulawesi Utara. Pelantikan ini menyita perhatian publik, sebab sang walikota kini sedang berstatus terdakwa, jadi tahanan pengadilan yang dititipkan di Cipinang.

Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan bahwa dirinya belum menerima surat keputusan (SK) Jefferson sebagai terdakwa dari kejaksaan.

"Kalau hari ini saya menerima SK (terdakwa), langsung (Jefferson) saya nonaktifkan sementara," kata Gamawan saat ditemui dalam acara evaluasi kinerja bidang politik, hukum, dan keamanan di Kantor Kementerian Koordinator Polhukam, Jumat 7 Januari 2010.

Angle Mendagri :

Kementerian akan menunggu sampai perkara yang menyeret Walikota Tomohon itu berkekuatan tetap atau inkracht untuk mengambil keputusan yang lebih lanjut. "Sesuai dengan undang-undang, mekanismenya dilantik dulu. Biar kalau dia nonaktif, bisa diisi oleh wakilnya," kata dia.


Jika pelantikan tidak dilakukan, sambungnya, pemerintahan di Tomohon malah tidak akan berjalan.

Jefferson dilantik menjadi Walikota Tomohon oleh Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Hari Sarundajang, di Kementerian Dalam Negeri. Dia dilantik bersama dengan wakilnya, Jimmy Erman.

Pelantikan ini juga tak luput dari pengawasan petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar Jefferson yang juga berstatus ditahan di LP Cipinang itu tidak kabur.

No comments

Powered by Blogger.